RE

Belakangan ini, penggila Resident Evil telah disuguhi dengan fitur game dan konten menarik dari Capcom terkait game berlatar belakang horror ini. Tentunya termasuk remake besutan Capcom yang cukup di apresiasi yakni Resident Evil 2 dan Resident Evil 3. Bagi para pemain lawas, tentu tidak asing dengan gane ini pada edisi Resident Evil Code: Veronica. Nah, bagi para pemain baru atau yang belum tahu edisi ini, Code: Veronica awal dirilis Dreamcast pada 2000 dan tentunya memperoleh respon positif dari para kritikus dan pemainnya. 

Resident Evil – Code: Veronica menampilkan gameplay survival bergenre horror , mirip dengan game Resident Evil sebelumnya. Ini termasuk kontrol pada game, fitur antarmuka, teka-teki, serta zombie dan monster yang ada untuk bertarung. Tidak seperti edisi game sebelumnya dalam seri yang menggunakan latar belakang yang telah dirender terlebih dahulu, Code: Veronica menggunakan lingkungan 3D dengan waktu nyata . Karena itu, kualitas kameranya lebih dinamis dibandingkan game sebelumnya. 

Pada bulan September 2011, Capcom merilis versi remaster dengan kualitas high definition dari Code: Veronica X untuk PlayStation 3 dan Xbox 360.. 

Capcom sebenarnya belum menyentuh game ini lagi, namun baru – baru ini sekelompok fans Residen Evil justru mencoba untuk membuatremake untuk edisi Resident Evil Code: Veronica. Merancang dengan perspektif third-person shooter, versi remake pada edisi ini menampilkan tampilan yang bergaya seperti remake pada edisi lain. Dilansir dari Comicbook, hasil remake dari fans ini belum dikonfirmasi oleh Capcom apakah diizinkan tampil atau tidak. Namun yang lebih mearik, hasil remake ini tidak akan menghasilkan uang atau pun sumbangan yang tertuju pada siapapun, karena remake ini semata – mata ditujukan untuk kesenangan fans belaka. 

Selain itu, hal yang hampir sama terjadi pada 2015 lalu, para fans melakukan remake pada edisi Resident Evil 2 namun dari Capcom sendiri justru tidak mengizinkan karya tersebut untuk ditayangkan. Sehingga untuk saat ini edisi Code: Veronica masih belum jelas apakah akan bernasib sama atau justru sebaliknya. Besar kemungkinan Capcom akan merespon dengan hal yang sama pada 2015 lalu, namun untuk sementara fans hanya bisa menunggu hasil tersebut. Apabila minat yang cukup tinggi dan respon positif cukup banyak dari fans untuk edisi remake Code: Veronica, bukan tidak mungkin Capcom akan memperbaiki dan menyempurnakan hasil remake tersebut. 

Perihal peringkat saat awal rilis, edisi ini tidak mengecewakan, Game Informer memberi peringkat Code: Veronica di posisi ke-69 dalam “100 Game Terbaik Sepanjang Masa” mereka pada tahun 2001. Ada juga GamesRadar menempatkan game ini sebagai game Dreamcast terbaik ke-14 sepanjang masa. 

Code: Veronica terjual lebih banyak dari edisi Shenmue (1999) dalam minggu pertama di list pasar pada Februari 2000. Secara total, versi Dreamcast terjual hampir 450.000 unit di Amerika Serikat dan 1,14 juta kopi di seluruh dunia. Penjualannya tergolong sedukit jika dibandingkan dengan seri pendahulunya, tetapi masih mendominasi untuk dibandingkan dengan game Dreamcast lainnya. Code: Veronica X untuk platform PS2 telah terjual 900.000 kopi dan memperoleh $ 27 juta di Amerika Serikat pada Juli 2006, mengalahkan penjualan Resident Evil 4 .Dan versi PS2 ini juga terjual 1,4 juta kopi di seluruh dunia, dengan total 2,54 juta unit terjual di seluruh dunia untuk versi Dreamcast dan PS2.